Shooting Video Desa Lestari, Kelompok Itik ” Mantab Jaya”

Suarapamong.com Klaten Disaat kondisi sekarang ini semua terdampak pandemi, Masyarakat diharapkan untuk selalu kreatif menciptakan peluang usaha apapun demi pembangunan dan pengembangan di desanya.

Dalam Kesempatan ini hadir Sujarwanto Dwiatmoko,  ( Pjs Bupati Klaten)  disalah satu desa di wilayah Kecamatan Jogonalan, yaitu desa Plawikan (27/10/2020). Untuk Desa Plawikan ini merupakan salah satu desa yang masuk dalam 23 nominasi terpilih Kompetisi Blog Festival Desa Lestari 2020 Provinsi Jawa Tengah.

Sujarwanto Dwiatmoko”,menjelaskan Dalam tata kelola Diwilayah desa Plawikan ini adalah kebetulan dekat dengan sungai,mampu mengembangkan potensi potensi desa dibidang perternakan yaitu berternak Itik, untuk ternak itiknya tidak diumbar melainkan dikandangkan,ternyata bisa 90% produksinya itik bertelur,dan pada titik akhirnya dijual dagingnya.

Serta telah mampu mengembangkan bantuan itik bisa sampai tiga kali lipat, artinya Management kelompok ini “Mantab Jaya” telah mampu mengembangkan dengan baik,serta mengembangkan management menjadi lebih baik yang lebih modern lagi sehingga agar menjadi kelompok yang banyak bekerja,dan men setup menangani faktor produksi, pakan ternak, pembibitan, Dan juga menangani pasarnya,sehingga tidak mudah dimainkan para tengkulaknya.Dan mudah mudahan kedepanya berkembang sehingga mendapatkan penghasilan yang baik”,tuturnya.

Kepala Desa Plawikan,Jogonalan,Kabupaten,Klaten. Lilik Ratnawati mengatakan,” Saat ini, mengikuti even Festival Shooting yang berlangsung pada hari Selasa dan Rabu,Untuk programnya kali ini Desa nya mengusung tema tentang beternak itik, dengan tujuan supaya bisa mendongkrak perekonomian dimasyarakat, apalagi sekarang ini masih terdampak Pandemi,tidak hanya bantuan dari pusat dan daerah untuk pemberdayaan masyarakat. Harapan kedepanya semoga kelompok peternak itik “Mantab Jaya ” semakin berkembang dan sukses untuk memenuhi kebutuhan pasar.

Salah satu pengelola Kelompok “Mantab Jaya” Mas Tri, dari usaha awal yang hanya beternak ratusan ekor itik, sekarang sudah berkembang menjadi peternakan berbasis komunal yang mengelola seribuan ekor itik. “Mampu menghasilkan 800 butir telur itik per hari, jumlah anggota kelompok ternak itik ” Mantap Jaya” ada 15 peternak. Syarat untuk bergabung menjadi anggota peternak itik sangat mudah dengan modal sedikit yakni hanya mempunyai 100 ekor itik atau modal 15 juta,” ujarnya.Widi/Red

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply