Apel Gelar Pasukan Menandai dimulainya Operasi Zebra Candi 2021 Di Wilayah Kabupaten Klaten

Apel gelar pasukan menandai dimulainya Operasi Zebra Candi 2021 di wilayah Kab. Klaten. Apel yang dilaksanakan di halaman depan Mapolres tersebut dipimpin oleh Wakapolres Klaten Kompol Sumiarta, SH., MH., Senin (15/11/2021).

Tampak berjajar rapi di barisan pasukan upacara adalah Personel Kodim 0723/Klaten, Personel Polres dan Polsek serta Dishub. Tak ketinggalan kendaraan dinas yang akan dilibatkan dalam operasi juga digelar.

Wakapolres dalam amanatnya mengatakan bahwa operasi yang melibatkan 85 personel gabungan itu bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan serta disiplin masyarakat dalam berlalu lintas dan protokol kesehatan terkait covid-19. Selain itu, Operasi Zebra Candi ini diharapkan dapat mewujudkan situasi lalu lintas yang aman, selamat, tertib dan lancar sehingga dapat mendukung pertumbuhan ekonomi.

“Pada pelaksanaan operasi Zebra Candi tahun 2021 kali ini, tidak berorientasi pada penegakan hukum lalu lintas semata. Akan tetapi pelaksanaan kegiatan diarahkan pada pola preemtif dan preventif.”

Sementara itu Kasat Lantas Polres Klaten AKP Muhammad Fadhlan SH SIK menambahkan bahwa Operasi Zebra Candi akan dilaksanakan mulai 15 sd 28 November 2021. Pihaknya bersama stakeholder terkait akan melakukan beberapa tindakan berupa himbauan dan upaya-upaya pencegahan terkait kamseltibcar lantas dan juga covid-19.

“Dengan situasi seperti ini yang di beberapa tempat sudah ada kelonggaran. Kami diberi tugas untuk mengingatkan masyarakat. Walaupun liburan, makan bersama dan lainnya, covid ini belum hilang apalagi varian baru itu tetap ada.”

Terkait kamseltibcar lantas, AKP Muhammad Fadhlan SH SIK menjelaskan bahwa pihaknya akan berfokus pada pencegahan laka lantas. Penindakan akan dilakukan terhadap pelanggaran yang berpotensi menimbulkan laka lantas dan fatalitas tinggi seperti penggunaan helm, truk yang membahayakan ataupun bus yang ugal-ugalan.

“Akan kita lakukan penindakan menggunakan program dari dirlantas yaitu E-TLE dan Kopek. Selama covid, 2 tahun ini memang kita mengendurkan penindakan. Namun beberapa minggu terakhir ini kami juga sedikit atensi terhadap penindakan karena angka kecelakaan cukup tinggi.”

Koordinasi dengan dinas perhubungan dan stakeholder terkait permasalahan jalan menurut AKP Muhammad Fadhlan SH SIK juga akan dilakukan. Upaya ini dimaksudkan agar dapat mencegah segala hal yang dapat menimbulkan kecelakaan lalu lintas.Red

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply