banner 468x60

Bertambah 2 Pasien Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Kabupaten Klaten

 News
banner 468x60

SuaraPamong.com (Klaten) —Juru Bicara Satgas Gugus Percepatan Penanganan Pencegahan Covid-19, dr.Cahyono Widodo, M.Kes menyampaikan data terbaru mengenai penyebaran virus Corona (Covid-19) di Kabupaten Klaten, Jumat (24/04/2020).

Dijelaskannya bahwa hari ini terdapat penambahan 2 pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Klaten. Sehingga jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 saat ini sejumlah 9 orang.

“Hari ini terdapat penambahan 2 pasien baru terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Klaten. 1 pasien merupakan Cluster Gowa, dan 1 pasien lain dengan usia rentan yang dimungkinkan terpapar Covid-19 melalui cucu yang pulang dari Jakarta. Sehingga secara kumulatif sampai hari ini jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 menjadi 11 orang dan 2 orang diantaranya telah sembuh,” kata dr.Cahyono.

Lanjut, disampaikan bahwa penambahan 2 orang pasien terkonfirmasi positif Covid-19 ini masing-masing berasal dari Kecamatan Ngawen dan Kecamatan Klaten Utara.

“Dari Kecamatan Ngawen, 1 orang terkonfirmasi positif Covid-19 adalah seorang laki-laki berinisial H berusia 49 tahun. Saat ini sedang menjalani perawatan di RSD Bagas Waras dengan kondisi yang baik dan stabil. Kasus ini termasuk kategori import case karena pasien tertular pada saat melakukan perjalanan ke Gowa, Sulawesi Selatan pada tanggal 18-23 Maret 2020. Dan saat ini ada 7 orang kontak erat yang sudah dilakukan Rapid Test dengan hasil negatif dan dilanjutkan dengan isolasi mandiri selama 14 hari,” jelasnya.

Lebih lanjut dr. Cahyono menjelaskan bahwa 1 orang yang lain terkonfirmasi positif Covid-19 adalah seorang laki-laki berinisial SHS berusia 72 tahun berasal dari Kecamatan Klaten Utara. Saat ini pasien menjalani perawatan di RSST Soeradji Tirtonegoro dengan kondisi yang stabil dan baik. Pada kasus ini dimungkinkan pasien terpapar ketika kontak dengan cucunya yang pulang dari Jakarta pada tanggal 24 Maret 2020 sampai 11 April 2020. Karena kondisi fisik yang bersangkutan termasuk usia rentan dan mempunyai penyakit penyerta, sehingga mudah untuk tertular.

“Saat ini, Satgas telah melakukan tracing/ pelacakan lebih dalam dan segera melakukan rapid test kepada orang-orang yang pernah kontak dengan pasien, baik itu keluarga, kerabat maupun tim medis yang menangani sebelumnya,” tambahnya.

Tim Satgas Percepatan Penanganan Pencegahan Covid-19 Kabupaten Klaten menghimbau untuk Gugus Tugas RT/RW lebih memperketat dalam memantau warganya yang baru saja pulang dari luar wilayah Klaten. Dan untuk warga yang baru saja pulang dari luar wilayah, segera untuk melaporkan kepada Gugus Tugas RT/RW dan mengisolasi dirinya selama 14 hari dirumah masing-masing.

Apabila mengalami gejala-gejala atau sakit segera periksa di Puskesmas terdekat. Serta untuk seluruh masyarakat dihimbau untuk tidak takut, tidak panik, lakukan PHBS, makan makanan yang bergizi, dan berjemur antara jam 9 – 10 pagi selama 10 – 15 menit guna meningkatkan imunitas tubuh dan masyarakat menaati protokol kesehatan dan jangan panik.Adm/Red

banner 468x60
Avatar photo

Author: 

Related Posts

Comments are closed.