banner 468x60

Bupati Klaten dan Sejumlah Pejabat Berikan Bantuan Warga Terdampak Banjir

 News
banner 468x60

 

Bupati Klaten Hj Sri Mulyani didampingi sejumlah pejabat membagikan cadangan pangan beras kepada 90 Kepala Keluarga (KK) yang terdampak banjir di Balai RW IV Dukuh Krambil Sawit, Desa Burikan, Kecamatan Cawas, Rabu, 12 Agustus 2020. Setiap KK yang terdampak banjir mendapat bantuan cadangan pangan beras 15 Kg.

Dalam sambutannya, Bupati Klaten Hj Sri Mulyani mengatakan, peberian bantuan pangan beras kepada warga Desa Burikan yang terdampak banjir, sebagai kelanjutan bantuan beras yang sebelumnya sudah diberikan kepada warga Desa Karangasem, Cawas yang juga terdampak banjir. Diharapkan, bantuan beras tersebut dapat membantu warga Desa Burikan yang sempat terdampak banjir.

Dikatakan, pada penyerahan beras ini juga diserahkan bantuan 12 unit hand sprayer dan dua unit traktor roda empat yang merupakan bantuan dari pemerintah pusat yang merupakan aspirasi dari anggota DPR RI, H Sunarna SE MHum. Dengan bantuan hand sprayer dan dua unit traktor roda 4 diharapkan mampu meningkatkan produksi padi di wilayah Kabupaten Klaten.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Klaten Hj Sri Mulyani juga mengatakan, Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (Dinsos P3AKB) Kabupaten Klaten juga menyerahkan bantuan Rp 200 juta untuk 20 desa di Kecamatan Cawas guna biaya pembentukan Desa Layak Anak (DLA). Dengan bantuan tersebut semoga nantinya 20 desa di wilayah Kecamatan Cawas segera terbentuk menjadi DLA.

Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP) Kabupaten Klaten, Ir WIDIYANTI MSi dalam laporannya mengatakan, warga Desa Burikan terdampak banjir akibat Tanggul Sungai Gamping di Desa Karangasem, Cawas jebol dua kali pada Maret 2020 lalu. Akibatnya sawah warga di Desa Karangasem dan Desa Burikan Cawas tergenang banjir sehingga banyak petani yang rugi.

Dikatakan, warga Karangasem sebanyak 124 KK sudah menerima bantuan cadangan pangan beras dan saat ini 90 KK di Desa Burikan juga menerima bantuan cadangan pangan beras. Kemudian bantuan hand sprayer dan dua unit traktor roda empat merupakan aspirasi dari anggota Komisi IV DPR RI  H Sunarna SE MHum. Dengan bantuan alsintan atau alat mesin pertanian semoga upaya memberantas hama wereng dan meningkatkan produksi padi di Klaten dapat terwujud.

Sedangkan Camat Cawas Drs Moh Prihadi MSi dalam sambutan selamat datang mengucapkan terimakasih kepada Bupati Klaten Hj Sri Mulyani yang berkenan memberikan bantuan cadangan pangan beras kepada warga Desa Burikan, Cawas yang terdampak banjir awal tahun lalu. Dengan bantuan beras tersebut semoga dapat membantu warga yang terdapat banjir.

Pada acara tersebut, warga Desa Burikan juga menampilkan beberapa produk kerajinan yang terbuat dari limbah sampah seperti keset dan produk kerajinan lain. Kemudian warga juga menyuguhkan produk minuman dawet khas Desa Burikan. Setelah penyerahan beras dan alsintan secara simbolis, Bupati Klaten Hj Sri Mulyani juga menyerahkan bantuan beras ke rumah-rumah warga Desa Burikan.widi

 

banner 468x60
Avatar photo

Author: 

Related Posts

Comments are closed.