Bupati Klaten Pimpin Gugus Tugas Pencegahan Covid-19

Bupati Klaten Hj Sri Mulyani resmi sebagai Ketua Gugus Tugas (Gugas) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Virus Corona atau Covid 19 Kabupaten Klaten menggantikan Asisten I Sekda Klaten dr Rony Roemito MKes. Sebelum mempimpin Gugus Tugas Pencegahan Penyakit Virus Corona Kabupaten Klaten, Bupati Klaten terlebih dahulu mengukuhkan Pengurus Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Virus Corona di Pendopo Pemkab Klaten, Kamis, 2 April 2020.
Adapun dasar penunjukan Bupati Klaten sebagai Ketua Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Virus Corona Kabupaten Klaten antara lain Keputusan Presiden Nomor 7 Tahun 2020 Tentang Gugus Tugas Percepatan Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Virus Corona dan Surat Edaran Kepala Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) Nomor 1/BNPB/03/2020 Tentang Pembentukan Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Virus Corona.
Jumlah pengurus Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Virus Corona Kabupaten Klaten berjumlah 59 orang. Untuk Wakil Ketua ada 8 orang masing-masing Wakil Ketua I Komandan Kodim 0723 Klaten, Wakil Ketua II Kapolres Klaten, Wakil Ketua III Ketua DPRD Klaten, Wakil Ketua IV Kepala Kejaksaan Negeri Klaten, Wakil Ketua V Ketua Pengadilan Negeri Klaten, Wakil Ketua VI Ketua Pengadilan Agama Klaten, Wakil Ketua VII Komandan Dodiklatpur Rindam IV Diponegoro dan Wakil Ketua VIII Sekda Klaten Drs H Jaka Sawaldi MM.
Kemudian Koordinator Wilayah I eks Pembantu Bupati wilayah Kota Administratif Kota Klaten dipercayakan pada Asisten I Sekda Klaten dr Ronny Roekmito MKes sekaligus sebagai koordinator lima wilayah eks Pembantu Bupati yang ada di Klaten. Untuk Koordinator Wilayah II eks Pembantu Bupati wilayah Gondang Winangun dijabat Asisten II Sekda Klaten Ir Wahyu Prasetyo MSi, Koordinator Wilayah III Eks Pembantu Bupati wilayah Jatinom yakni Asisten III Sekda Klaten H Sri Winoto SH, Koordinator Wilayah IV Eks Pembantu Bupati wilayah Delanggu dipercayakan pada Staf Ahli Bupati Klaten Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik dan Koordinator Wilayah V wilayah Pedan adalah Staf Ahli Bupati Klaten Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan.
Sedangkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Klaten Sip Anwar SE MSi sebagai Koordinator Gugus Tugas Mitigasi dan Pemberdayaan Masyarakat, Kepala Dinas Kesehatan Klaten dr Cahyono Widodo MKes sebagai Koordinator Gugus Tugas Operasi dan Inspektur Kabupaten Klaten Jajang Prihono SSTP sebagai Koordinator Gugus Tugas Akuntabilitas dan Pengawasan. Selanjutnya Sekretaris I dipercayakan kepada Sekretaris BPBD Klaten dan Sekretaris II dijabat Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Klaten dan untuk anggota dijabat oleh Kepala Organisasi Perangkat Daerah dan Direktur Utama Perusahaan Daerah yang ada di Klaten.
Bupati Klaten Hj Sri Mulyani pada pengukuhan Pengurus Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Virus Corona Kabupaten Klaten tersebut mengatakan, gugus tugas pencegahan virus corona bertugas antara lain menetapkan dan melaksanakan rencana operasional percepatan penanganan virus covid 19 di Kabupaten Klaten. Kemudian mengkoordinasikan dan mengendalikan pelaksanaan kegiatan percepatan penanganan virus corona dan melakukan pengawasan pelaksanaan percepatan penanganan virus corona.
Selain itu, kata Bupati Klaten Hj Sri Mulyani, Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Virus Corona Kabupaten Klaten juga bertugas mengerahkan sumber daya untuk pelaksanaan kegiatan percepatan penanganan virus corona. Untuk penanganan virus corona di Kabupaten Klaten, Pemkab Klaten mengalokasikan anggaran sebesar Rp 34 miliar untuk membantu pengadaan Alat Pelindung Diri (APD) dan membantu warga yang terdampak virus corona serta secara umum untuk percepatan pencegahan dan pengendalian penyakit virus corona atau covid 19.
Wakil Ketua III Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Virus Corona Kabupaten Klaten yang juga Ketua DPRD Klaten Hamenang Wajar Ismoyo SIKom pada kesempatan tersebut mengatakan, dari DPRD Klaten menyisihkan anggaran dari APBD Klaten 2020 sebesar Rp 2 miliar untuk penanganan virus corona di Kabupaten Klaten. Semoga dengan dukungan semua pihak pengendalian, pencegahan dan penanganan virus corona di Klaten berjalan evektif dan Kabupaten Klaten Klaten dapat segera terbebas dari virus corona. (Bagian Humas Setda Klaten) suarapamong.com

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply