Hardiknas, Dinas Pendidikan Klaten Kembangkan Via Siaran Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Suarapamong.com-Klaten. Dalam Rangka Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), 2 Mei 2020 di Kabupaten Klaten berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tidak ada upacara. Hardiknas 2020 di tengah pandemi virus corona, Dinas Pendidikan Klaten menerapkan belajar dan mengajar jarak jauh, IT, live streaming, google form, video pembelajaran dan mencoba belajar via siaran pendidikan yang disiarkan RSPD Klaten.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Klaten, Dr Wardani Sugiyanto MPd pada acara Hardiknas Tingkat Kabupaten Klaten yang diadakan di Halaman SMPN 1 Klaten, Sabtu pagi, 2 Mei 2020.

Peringatan Hardiknas ditandai dengan video conference (vicon) Bupati Klaten dengan 26 Korwil Pendidikan se Klaten, pembagian 5.942 paket sembako kepada warga terdampak covid-19 dan penyerahan piala kejuaraan lomba guru dan kepala sekolah berprestasi.

Pelaksanaan peringatan Hardiknas melaksanakan protokol kesehatan pencegahan penyakit covid-19. Pada kesempatan itu secara simbolis, Bupati Klaten Hj Sri Mulyani menyerahkan paket sembako kepada orang tua wali murid siswa SMPN 1 Klaten. Dengan didampingi Kepala Disdik Kabupaten Klaten, Dr Wardani Sugiyanto MPd, Kepala SMPN 1 Klaten Dra Suharni, MPd serta sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Bupati Hj Sri Mulyani juga menyerahkan beberapa paket sembako kepada warga yang tinggal di depan SMPN 1 Klaten.

Lebih lanjut Kepala Disdik Kabupaten Klaten, Dr Wardani Sugiyanto MPd mengatakan, teman nasional Hardiknas kali ini adalah Belajar dari Covid-19. Pasalnya, virus corona atau covid-19 dampaknya masuk ke segala lini sendi-sendi kehidupan baik kesehatan, ekonomi, industri dan juga berimbas pada dunia pendidikan.

Dikatakan, untuk menyikapi dampak dari covid-19, pada peringatan Hardiknas 2020 ini jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) baik PAUD, SD dan SMP se Klaten melakukan peduli lingkungan dengan membagikan 5942 paket sembako. Perinciannya 3149 paket sembako sumbangan dari ASN guru dan tenaga kependidikan SMP dan 2783 paket sembako bantuan dari ASN guru dan tenaga kependidikan PAUD, SD dan Korwil Pendidikan.

Dr Wardani Sugiyanto MPd juga mengatakan, dana yang berhasil dihimpun Panitia Pencegahan Covid-19 Disdik Klaten dari jajaran ASN guru dan tenaga kependidikan PAUD, SD dan SMP se Klaten total sebesar Rp 600.000.000. Pengadaan paket sembako tersebut berasal dari iuran ASN guru dan tenaga kependidikan PAUD, SD dan SMP, dengan sasaran pembagian sembako kepada penjaga sekolah, pengelola kantin, orang tua siswa dari keluarga tidak mampu dan kepada guru honorer.

Pada kesempatan tersebut, Dr Wardani Sugiyanto MPd mengatakan, adapun lomba guru dan kepala sekolah berprestasi tingkat TK, SD dan SMP, pelaksanaannya telah diadakan pada Februari 2020 sebelum virus corona merebak di Indonesia. Untuk setiap jenjang diambil tiga kejuaraan dan tujuan lomba guru dan kepala sekolah berprestasi baik tingkat TK, SD dan SMP di Klaten untuk meningkatkan profesionalisme guru dan kepala sekolah dalam melaksanakan tugasnya sehari-hari dalam kiprahnya mencerdaskan kehidupan bangsa.

Sementara itu, Bupati Klaten, Hj Sri Mulyani dalam mengawali sambutannya, mengucapkan selamat memperingati Hardiknas 2 Mei 2020 kepada seluruh jajaran guru, tenaga kependikan mulai PAUD, TK, SD dan SMP di Kabupaten Klaten. Perjuangan dan pengabdian guru, tenaga kependikan mulai PAUD, TK, SD dan SMP di Kabupaten Klaten dalam memajukan dunia pendidikan sangat luar biasa, apalagi di tengah pandemi virus corona seperti saat ini.

Dikatakan, melalui vicon dengan Korwil Pendidikan dapat mengetahui perkembangan pendidikan di 26 korwil se Klaten, bahwa dunia pendidikan di Klaten tetap berbuat yang terbaik melaksanakan pendidikan di saat wabah virus corona. Maka dari itu, Bupati Hj Sri Mulyani sangat mendukung program dari Dinas Pendidikan yang melaksanakan program belajar dan mengajar jarak jauh, IT, live streaming dan belajar melalui siaran pendidikan yang disiarkan RSPD Klaten.ADM/WD

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply