banner 468x60

Jumpa Media, Gus Nabil Programkan Milenial Pahami Karya Sastra Pujangga Ronggo Warsito

 News
banner 468x60

 

Anggota DPRRI dari Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Tengah (Jateng) V meliputi Kabupaten Klaten, Boyolali, Sukoharjo dan Kota Surakarta, Muchamad Nabil Haroen, SPd, MHum yang akrab disapa Gus Nabil mengglar jumpa media di Rumah Sambung Dukuh Plosowangi, Desa Plosowangi, Kecamatan Cawas, Klaten, Selasa, 23 Pebruari 2021. Gus Nabil memprogramkan untuk gotong royong membersihkan Makam Ronggo Warsito di Desa Palar, Kecamatan Trucuk.

Gus Nabil mengatakan, untuk program gotong royong akan dilakukan bersama anggota pencak silat Pagar Nusa dan setelah pandemi covid-19 mereda akan mengadakan latihan pencak silat di komplek Makam Ronggo Warsito. Kemudian juga mengadakan semacam dialog atau sarasehan untuk mengupas berbagai karya sastra ciptaan Pujangga Ronggo Warsito.
Menurut Gus Nabil, karya sastra Pujangga Ronggo Warsito sangat luar biasa dengan karya terbesarnya Serat Kalatidha dan karya sastra lainnya. Berbagai karya sastra Pujangga Ronggo Warsito mengandung nilai-nilai karakter yang selalu relevaan di setiap zamannya.

Maka, kata Gus Nabil, kalangan milenial sekarang harus tahu dan memahami sejarah Ronggo Warsito berikut karya sastranya dan bisa mengambil nilai-nilai dari karya sastra Pujangga Ronggo Warsito untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain mengupas karya sastra Pujangga Ronggo Warsito pihaknya juga menaruh perhatian besar pada pengmbangan seni budaya lainnya yang berkmbang di Kabupaten Klaten.

Gus Nabil pada acara tersbut juga mengatakan, bahwa Kabupaten Klaten banyak memiliki potensi wisata dan spot-spot menarik untuk dikembangkan seperti aneka obyk wisata. Nantinya, setelah pandemi covid-19 bisa dikendalikan aneka potensi wisata tersebut punya potensi besar untuk dikembangkan.

Contohnya, ujar Gus Nabil, wisata air seperti di Ponggok, Polanharjo, Klaten dan obyek wisata air lainnya. Kemudian obyek wisata alam yang sangat indah seperti Bukit Cinta, Bukit Sidoguro, obyek wisata religius Makam Sunan Pandanaran, Ki Ageng Gribig dan obyek wisata lainnya.
Sementara itu Owner Rumah Sambung Dukuh Plosowangi, Desa Plosowangi, Kecamatan Cawas, Klaten, Hj Hartanti, SH, MSi yang juga anggota DPRD Klaten dari Fraksi PDI Perjuangan mengatakan, jumpa media antara Gus Nabil dengan para wartawan di Klaten untuk menjalin silaturahmi sekaligus mendapatkan masukan berbagai potensi Kabupaten Klaten.

Hj Hartanti menjelaskan, Rumah Sambung mengadaan berbagai kegiatan sosial seperti setiap hari Jumat menyajikan makanan gratis untuk warga yang membutuhkan. Kemudian di hari lain jika ada warga yang akan makan gratis bisa memasak sendiri dan menyuci piring, sendok dan gelas sendiri dan untuk bahan makanan disiapkan dari Tim Rumah Sambung.

Acara jumpa media antara Gus Nabil yang didampingi anggota DPRD Klaten dari Fraksi PDI Perjuangan, Hj Hartanti, SH, MSi dimulai sekitar pukul 15.15 WIB dan selesai pukul 17.15 WIB. Acara juga diisi dialog antara Gus Nabil dan wartawan yang hadir dan diwacanakan Gus Nabil akan mengadakan pertemuan dengan wartawan Klaten sebulan sekali.Humas/Red

banner 468x60
Avatar photo

Author: 

Related Posts

Comments are closed.