banner 468x60

Kapolres Klaten, Lakukan Pelaksanakan Pengecekan Penerapan PPKM Mikro di Kemudo Prambanan

 News
banner 468x60

Suarapamong.com Kapolres Klaten AKBP Edy Suranta Sitepu SIK MH bersama sejumlah pejabat di Kab. Klaten melaksanakan pengecekan penerapan PPKM Mikro di desa Kemudo Kec. Prambanan, Selasa (23/2/21).

Turut hadir dalam pengecekan tersebut antara lain Dandim 0723/Klaten Letkol Inf Joni Eko Prasetyo, S.IP, Asisten 1 Pemerintah Daerah Kabupaten Klaten dr. Ronny Rukminto, M.Kes., Kepala Dinas Kesehatan Kab. Klaten dr. Cahyono, M.Kes, para PJU Polres Klaten, Muspika Kec. Prambanan dan Kepala Desa Kemudo Hermawan Kristanto, S.Sos.

Para pejabat ini datang di balai desa Kemudo pada pukul 15.30 Wib dan langsung melakukan peninjauan posko PPKM Mikro. Kapolres dan rombongan kemudian membagikan 30 paket sembako kepada warga terdampak covid-19 di lokasi yang sama. Usai kegiatan di balai desa, rombongan melanjutkan giat peninjauan tempat pembuatan masker, usaha UMKM warga, warung hidup serta ruang isolasi mandiri di Desa Kemudo.

Kapolres menyampaikan bahwa kegiatan pengecekan ini dilakukan untuk memastikan penerapan program PPKM mikro yang diinstruksikan pemerintah berjalan dengan baik di seluruh desa di Kab. Klaten. Dengan menjalankan program PPKM Mikro diharapkan angka penyebaran covid-19 bisa ditekan secara maksimal karena program ini melibatkan unsur terbawah pemerintahan yakni kepala desa sebagai kepala posko dibantu oleh Bhabinkamtibmas dan Babinsa.

Dari hasil pengecekan, menurut Kapolres desa Kemudo sudah sangat baik dalam menjalankan PPKM Mikro dan layak menjadi percontohan untuk desa-desa lainnya. Di desa Kemudo warga sudah bisa membuat masker, hand sanitizer dan UMKM pun berjalan dengan baik. Kemudian salah satu indikator keberhasilan PPKM Mikro adalah menurunnya status wilayah terkait covid-19, hal ini sudah dicapai desa Kemudo dengan turun menjadi zona hijau.

“(Ketahanan pangan di desa Kemudo) ini menurut ibu ketua PKK sudah berjalan bertahun-tahun yang lalu bukan pada saat masa pandemi covid saja. Seperti misalnya menanam sayur-sayuran dan tanaman obat-obatan dan sebagainya. Bahkan kalau kita masuk ke desa, kita lihat orang ke sawah saja memakai masker. Artinya ketaatan protokol kesehatan sudah berjalan.” Ujarnya

Tak lupa Kapolres mengucapkan terimakasih kepada Kepala Desa, Bhabinkamtibmas dan Babinsa setempat yang telah bekerja keras dalam penanganan wabah covid-19 sehingga desa kemudo menjadi desa yang tangguh dan warga yang terpapar covid-19 bisa turun.

Kapolres kemudian menambahkan bahwa posko PPKM Mikro sudah didirikan di seluruh desa di Kab Klaten, total ada 401 Posko dan semuanya sudah berjalan efektif. Hasilnya ada penurunan penyebaran covid-19 sekitar 40% sejak diberlakukannya PPKM Mikro. Dirinya berharap agar seluruh pihak ikut berpartisipasi dalam penerapan program PPKM Mikro ini agar angka penularan dan kematian akibat covid-19 semakin bisa ditekan sekaligus meningkatkan angka kesembuhan.Red

banner 468x60
Avatar photo

Author: 

Related Posts

Comments are closed.