Monitoring Cegah Covid-19,DPRD Jateng di Klaten

Suarapamong.com Klaten_Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Tengah melalui salah satu anggotanya dari Daerah Pemilihan (Dapil) Jateng V meliputi Kabupaten Klaten, Sukoharjo dan Kota Solo, Hj Kadarwati SH MH melakukan monitoring pencegahan virus corona atau covid-19 di Kecamatan Kalikotes, Kabupaten Klaten, Selasa siang, 7 April 2020. Pada kesempatan tersebut Hj Kadarwati SH MH juga membagikan masker dan pamflet pencegahan virus corona untuk dua desa yakni Desa Jogosetran dan Desa Kalikotes.

Kunjungan Anggota DPRD Jateng di Kantor Kecamatan Kalikotes disambut Camat Kalikotes, Seniwati SE MM didampingi Kades Jogosetran Supriyadi dan Kades Kalikotes, Ponidi. Monitoring yang dilakukan anggota DPRD Jateng di Kantor Kecamatan Kalikotes dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan seperti semua peserta memakai masker, sebelum masuk ruangan terlebih dahulu cuci tangan pakai sabun, dan tempat duduk menerapkan social distancing dan physical distancing dengan jarak antarpeserta sekitar 1 meter sampai 2 meter.

Anggota DPRD Jateng, Hj Kadarwati SH MH mengatakan, monitoring ini bertujuan untuk mengetahui secara langsung kegiatan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Klaten, Pemerintah Kecamatan dan Pemerintah Desa dalam percepatan penanganan covid-19 dan sekaligus untuk memantau persiapan memasuki bulan Ramadhan 1441 Hijriah. Kegiatan pemerintah daerah dan masyarakat yang dimonitor antara lain bidang sosial keagamaan untuk mengetahui apakah ada pengumumpulan massa, Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS), kondisi keluarga miskin dan kegiatan ibadah.

Kemudian, kata Hj Kadarwati, bidang pendidikan untuk mengetahui pola belajar dari rumah, aktivitas anak-anak selama belajar di rumah, aktivitas pondok pesantren selama masa darurat virus corona. Selanjutnya untuk bidang kesehatan antara lain untuk mengetahui Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan untuk mengetahui warga yang terkonfirmasi positif maupun negatif, untuk mengetahui langkah pemerintah dalam penanganan covid-19 dan untuk mengecek infrastruktur, tenaga medis, peralatan kesehatan dan obat selama masa darurat virus corona.

Menurut Hj Kadarwati, monitoring pada tanggap darurat covid-19 juga untuk mengetahui penanganan bidang ekonomi seperti kesiapan sembako, aktivitas pasar dan Usaha Kecil Menengah (UKM) dan untuk mengetahui apakah ada warga yang menjadi korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) akibat masa darurat virus corona. Untuk bidang pariwisata untuk mengetahui aktivitas hotel dan penginapan, kegiatan obyek wisata, aktivitas restoran dan rumah makan serta aktivitas transportasi.

Melalui monitoring, kata Hj Kadarwati, DPRD Jateng juga dapat mengetahui bidang informasi seperti sistem pelaporan, sistem publikasi dan promosi untuk mencegah penyebaran virus corona. Kemudian untuk pembagian masker untuk mendukung program pemerintah agar semua warga yang berada di luar rumah agar memakai masker untuk mencegah agar tidak tertular virus corona.
Sementara itu Camat Kalikotes, Seniwati, SE MM kepada wartawan mengucapkan terimakasih kepada Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah, Hj Kadarwati, SH MH yang melakukan monitoring pencegahan virus corona dan kesiapan bulan Ramadhan 1441 Hijriah di Kecamatan Kalikotes. Bahwa, Pemerintah Kecamatan Kalikotes telah menjalankan kebijakan Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pemerintah Kabupaten Klaten dalam rangka pencegahan virus corona.
Contohnya, kata Seniwati, dalam melakukan kegiatan Pemerintah Kecamatan Kalikotes menerapkan protokol kesehatan secara ketat seperti disediakan sarana cuci tangan pakai sabun, bilik sterilisasi yang tidak membahayakan kesehatan, penerapan social distancing dan physical distancing. Kegiatan sosial dan keagamaan yang melibatkan kerumunan orang dilarang, kemudian sosialisasi pencegahan virus corona melalui mobil keliling dengan pengeras suara.

Camat Kalikotes, Seniwati, SE MM menambahkan, sosialisasi pencegahan virus corona dilakukan di 6 desa di Kecamatan Kalikotes meliputi Desa Gemblegan, Jimbung, Jogosetran, Kalikotes, Krajan dan Desa Ngemplak. Pemerintah Kecamatan Kalikotes sudah membagikan hand sanitizer, masker dan sarana cuci tangan pakai sabun dan hingga sekarang jumlah warga yang mudik di Kecamatan Kalikotes sebanyak 469 orang dan semua melakukan isolasi secara mandiri.widie/Red (Bagian Humas Setda Klaten)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply