banner 468x60

Pasien Baru Terkonfirmasi Positif Covid-19, Bertambah 4 di Kabupaten Klaten

 News
banner 468x60

Juru Bicara Satgas Gugus Percepatan Penanganan Pencegahan Covid-19, dr.Cahyono Widodo, M.Kes menyampaikan data terbaru mengenai penyebaran virus Corona (Covid-19) di Kabupaten Klaten, Minggu (26/04). dr. Cahyono menjelaskan bahwa hari ini terdapat penambahan 4 pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Klaten. Sehingga jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang dirawat saat ini berjumlah 13 orang.

“Hari ini ada 4 pasien baru terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Klaten. Masing-masing berasal dari Kecamatan Kalikotes, Ngawen, Jogonalan dan Wonosari. Sehingga saat ini jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kab. Klaten yang masih dirawat berjumlah 13 orang.” kata dr.Cahyono.

Dari keempat orang tersebut, dr.Cahyono menjelaskan bahwa 1 orang pasien berinisial AAS berusia 10 tahun berasal dari Kecamatan Kalikotes. Saat ini sedang menjalani perawatan di RSD Bagas Waras dengan kondisi yang baik dan stabil. Pada kasus ini dimungkinkan pasien terpapar dari orang terdekat yang mempunyai mobilitas tinggi dalam pekerjaannya.

Selanjutnya, 1 orang yang lain terkonfirmasi positif Covid-19 adalah seorang laki-laki berinisial TR berusia 47 tahun berasal dari Kecamatan Ngawen. Saat ini pasien menjalani perawatan di RSST Soeradji Tirtonegoro dengan kondisi yang stabil dan baik. Pada kasus ini pasien mempunyai riwayat penyakit Comorbid Bronchitis dan DM, dimungkinkan pasien terpapar ketika melakukan perjalanan ke luar kota.

Dari Kecamatan Jogonalan, dr Cahyono menjelaskan bahwa 1 orang terkonfirmasi positif Covid-19 adalah seorang laki-laki berinisial PH berusia 36 tahun. Saat ini sedang menjalani perawatan di RSST Soeradji Tirtonegoro dengan kondisi yang baik dan stabil. Pada kasus ini dimungkinkan pasien terpapar ketika berada pada tempat kerjanya di Solo dan kontak dengan orang yang positif Covid-19.

Terakhir dr.Cahyono menjelaskan bahwa 1 orang yang lain terkonfirmasi positif Covid-19 adalah seorang wanita berinisial SU berusia 51 tahun berasal dari Kecamatan Wonosari. Pada kasus ini dimungkinkan pasien terpapar suaminya yang terlebih dahulu positif Covid-19 dalam cluster Gowa. Saat ini pasien menjalani perawatan di RSD Bagas Waras dengan kondisi yang stabil dan baik.

“Saat ini, Satgas telah melakukan tracing/ pelacakan lebih dalam dan segera melakukan rapid test kepada orang-orang yang pernah kontak dengan pasien, baik itu keluarga, kerabat maupun tim medis yang menangani sebelumnya.” tambah dr. Cahyono.

Tim Satgas Percepatan Penanganan Pencegahan Covid-19 Kab.Klaten menghimbau untuk Gugus Tugas RT/RW lebih memperketat dalam memantau warganya yang baru saja pulang dari luar wilayah Klaten. Dan untuk warga yang baru saja pulang dari luar wilayah, segera untuk melaporkan kepada Gugus Tugas RT/RW dan mengisolasi dirinya selama 14 hari dirumah masing-masing. Apabila mengalami gejala-gejala atau sakit segera periksa di Puskesmas terdekat. Serta untuk seluruh masyarakat dihimbau untuk tidak takut, tidak panik, lakukan PHBS, makan makanan yang bergizi, dan berjemur antara jam 9-10 pagi selama 10-15 menit guna meningkatkan imunitas tubuh. Hendaknya masyarakat menaati protokol kesehatan dan jangan panik.WD/Red

banner 468x60
Avatar photo

Author: 

Related Posts

Comments are closed.