PEMKAB KLATEN PERINGATI HARI KESEHATAN NASIONAL KE-57

 

Suarapamong.com – Klaten Hari Kesehatan  Nasional diperingati setiap tanggal 12 November. Melalui momentum peringatan Ke-57 Tahun 2021 bertemakan ‘Sehat Negeriku, Tumbuh Indonesiaku’ ini, Pemkab Klaten mengapresiasi dan menghargai upaya berbagai pihak, baik medis maupun non medis. Mereka dengan dedikasi tinggi, mendukung dan mensukseskan pembangunan kesehatan di Kabupaten Klaten, utamanya dalam penanganan dan pengendalian pandemi Covid-19 serta percepatan vaksinasi.

“Pembangunan kesehatan tidak mungkin berhasil, tanpa dukungan dan peran serta, (dan) komitmen seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat,” ungkap Bupati Klaten Sri Mulyani saat memberikan sambutan pada Puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional Ke-57 Tahun 2021 di Pendopo Pemkab Klaten, Jumat (12/11/2021).
Sri Mulyani menilai perlu adanya upaya yang terukur dan terarah, guna mencapai pembangunan kesehatan berkelanjutan, serta mengajak stake holder terkait, merefleksikan apa yang bisa diberikan, guna memenuhi derajat kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Klaten menjadi lebih baik.

“Kita harus bekerja keras, bekerja cerdas, bekerja ikhlas, dan bekerja tuntas, untuk mencapai sasaran pembangunan kesehatan dengan mengutamakan upaya preventif dan promotif,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Klaten Dokter Cahyono Widodo menilai, peringatan Hari Kesehatan Nasional Ke-57 ini, menjadi titik tolak peningkatan semangat, kepedulian, serta komitmen, dan gerakan nyata perjuangan pembangunan kesehatan oleh seluruh komponen bangsa, sekaligus menjadi era pembaruan dan semangat baru, guna menyongsong derajat kesehatan masyarakat menjadi lebih baik.

“Harapannya peringatan ini bisa menjadi wahana mensosialisasikan kebijakan pembangunan berwawasan kesehatan, dan memperkenalkan program-program kesehatan, serta pembangunan berkelanjutan bidang kesehatan,” jelas Cahyono.
Sebelumnya, serangkaian kegiatan telah diadakan guna memperingati Hari Kesehatan Nasional Ke- 57 ini.

Diantaranya, Lomba Film Promosi Kesehatan, Lomba Vlog Edukasi Remaja Peduli Kesehatan, Bhakti Sosial untuk Tukang Becak dan PKL Kota Klaten, seminar online, Tabur Bunga di makam tenaga kesehatan yang gugur karena Covid-19, serta donor darah.
Bupati dan Wakil Bupati Klaten diakhir acara, menyerahkan secara langsung piagam penghargaan kepada tenaga kesehatan dan stake holder terkait, atas apresiasi dan dedikasinya yang tinggi dalam perjuangan melawan Covid-19.

Penghargaan diberikan kepada Desa Kemudo dan Kecamatan Ngawen sebagai Desa dan Kecamatan Tuntas Vaksin. Kemudian Puskesmas Klaten Tengah, RSUD Bagas Waras, dan Klinik Rejosari Husada untuk Fasilitas Kesehatan Penanganan Covid-19. Selanjutnya untuk Institusi Penanganan Covid-19 diberikan kepada Polres Klaten, Kodim 0723/Klaten, Polsek Juwiring, dan Koramil Jatinom.

Serta Tempat Isolasi Terpadu (Isoter) Penanganan Covid-19, masing-masing Edotel SMKN 3 Klaten dan Rumah Retret Panti Semedi Klaten. Terakhir, penghargaan diberikan kepada perwakilan Relawan Penanganan Covid-19.

Selanjutnya, untuk hadiah Lomba Film Promosi Kesehatan diberikan kepada Puskesmas Kalikotes, dan Lomba Vlog Edukasi Remaja Peduli Kesehatan dimenangkan oleh Puskesmas Klaten Selatan.

Kemudian guna menunjang operasional dan kelengkapan fasilitas kesehatan Puskesmas, turut diserahkan pula masing-masing satu unit mobil ambulan untuk Puskesmas Klaten Selatan dan Puskesmas Wedi, serta alat Ultrasonografi (USG) bagi Puskesmas Jogonalan 1.
Hadir dalam acara peringatan, Bupati dan Wakil Bupati Klaten, perwakilan Forkopimda, Sekda, Direktur Rumah Sakit, Kepala Puskesmas, serta tamu undangan lainnya. Acara diselenggarakan dengan protokol kesehatan ketat. Red

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply