Peringati Hari Kesiapsiagaan Nasional di Pendopo Pemkab Klaten

 

Suarapamong.com Klaten – Dalam Rangka Hari Kesiapsiagaan Nasional 2021. Acara dibuka oleh Sekda Drs. H. Jaka Sawaldi, MM, dan diikuti oleh 70 orang peserta perwakilan dari unsur kecamatan, dunia usaha, pendidikan, kesehatan, dan pemerintahan.Bertempat di Pendopo Pemkab, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klaten, Kamis 22 April 2021, selenggarakan Pembekalan Dan Penyusunan Skenario Simulasi Mandiri “Gempa Bumi” se-Kabupaten Klaten

“Maksud kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman bahwa bencana itu dapat terjadi kapan saja, dimana saja, tanpa ada orang tahu,” demikian disampaikan Sip Anwar, SE., M.Si, Kepala Pelaksana BPBD Klaten diawal laporannya.

Selanjutnya dijelaskan, tanggal 26 April 2021 akan diperingati sebagai Hari Kesiapsiagaan Nasional yang serentak akan dilaksanakan pada pukul 10.00 WIB. Untuk itu pihaknya minta kesediaan masyarakat membunyikan kentongan atau sirine sebagai tanda peringatan.
“Mengedukasi masyarakat agar tahu apa yang menjadi kewajiban untuk memitigasi diri bilamana terjadi bencana sehingga akan menjadi selamat ketika terjadi bencana,” terang Sip Anwar terkait tujuan kegiatan ini.

Sementara itu Sekda Jaka Sawaldi dalam awal sambutannya mengingatkan, bahwa wilayah Klaten adalah daerah rawan bencana. Bencana nasional gempa bumi atau erupsi Merapi menjadi pelajaran berharga bagaimana pemerintah masyarakat serta komponen yang ada, harus pandai menyusun kesiapsiagaan dini, ada atau pun tidak ada bencana. Bencana mengharuskan kita untuk belajar dan berpikir atas apa yang harus kita lakukan menghadapi kondisi darurat.

“Bencana yang telah terjadi hendaknya menjadi pelajaran berharga bagaimana pemerintah, warga masyarakat beserta komponen yang ada, harus pandai menyusun kesiapsiagaan dini,” terang Sekda.

Diakhir sambutannya sekda berharap melalui kegiatan ini masyarakat sadar, banyaknya jumlah korban bencana salah satunya disebabkan oleh kepanikan dan kekurang siagaan dalam mengantisipasi datangnya bencana. Sehingga pengetahuan dan pemahaman terhadap karakter bencana serta tata cara bertindak saat bencana tiba, menjadi antisipasi awal yang bisa dipelajari.Red

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply