Serentak Cegah Covid-19 Klaten

Polres Klaten bersama instansi terkait lakukan penyemprotan cairan desinfektan secara serentak di seluruh wilayah Kabupaten setempat, Selasa pagi (31/3/20). Kegiatan pencegahan virus covid-19 tersebut rupanya menjadi perhatian serius semua pihak ditandai dengan hadirnya sejumlah unsur Forkompinda Kab. Klaten seperti Bupati Klaten Hj Sri Mulyani, Ketua DPRD Klaten Hemenang Wajar Ismoyo SIKom, Dandim 0723/Klaten Letkol Kav Minarso SIP, Komandan Dodiklatpur Letkol Inf Agus Adhy Dharmawan dan Kajari Edi Umata SH MH .

Kapolres Klaten mengatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan tersebut merupakan tindak lanjut perintah Kapolri, yaitu penyemprotan serentak seluruh Indonesia. Penyemprotan desinfektan menurutnya merupakan salah satu upaya mencegah penyebaran virus covid-19 yang bisa dilakukan semua lapisan masyarakat. Dirinya kemudian mengajak semua pihak untuk berperan mencegah penyebaran virus covid-19 dengan aktif mengingatkan masyarakat untuk menghidari kegiatan berkerumun.

“Saat ini tenaga medis sudah berjuang sesuai bidang keilmuannya. Kita juga harus berperan, membantu mereka ini melalui pencegahannya. Salah satunya penyemprotan yang kita lakukan hari ini. Laksanakan dengan penuh semangat.” Ujar Kapolres

Kegiatan penyemprotan desinfektan di wilayah Klaten diikuti oleh ratusan personel gabungan terdiri dari unsur TNI-Polri, personel pemadam kebakaran Klaten, Pramuka saka Bhayangkara, dan sejumlah relawan. Mereka memulai kegiatan dengan apel kesiapan di halaman RSPD Klaten sekira pukul 09.00 Wib. Usai apel, tim dibagi menjadi 2 kelompok. 1 kelompok bergerak ke arah barat menuju RS Soeradji Tirtonegoro, 1 kelompok lagi bergerak menuju Masjid Al Aqsa. Di sepanjang perjalanan mereka melakukan penyemprotan ke arah pertokoan, fasilitas publik, kantor pelayanan pemerintah, pasar dan juga ruas-ruas jalan menggunakan truk tangki pemadaman dan truk tangki dari Dodiklatpur. Ada juga petugas yang menyemprot menggunakan tangki punggung untuk menjangkau gang/area yang lebih dalam.

“Untuk tingkat Polsek sudah kita lakukan sejak beberapa hari yang lalu, kita gerakkan juga hingga tingkat RT. Hanya saja untuk yang hari ini, agar lebih memberikan semangat (menginspirasi) kepada semuanya yang ada di kabupaten Klaten.” Ujar Kapolres.

Kapolres kemudian menambahkan bahwa gugus tugas penanganan Covid-19 Kab. Klaten menerima donasi sembako. Sembako ini akan dibagikan kepada masyarakat yang terdampak virus covid-19. Jika ada masyarakat yang akan membantu dipersilakan, bisa menghubungi Koramil, Polsek atau bisa juga langsung menyampaikan ke Kodim.

“Kemanusiaan harus dimunculkan. Bagi mereka yang ada kelonggaran rejeki bisa membantu yang lain. Nanti kita salurkan kepada fakir miskin, ODP dan juga petugas medis. Biar petugas medis kita tetap semangat mengetahui masyarakat mendukung perjuangan mereka.”

Namun bagi masyarakat yang akan menyalurkan bantuan sendiri juga dipersilahkan. Kapolres menghimbau agar masyarakat yang ada kelebihan rejeki bisa membantu tetangga kanan kirinya. Bisa juga dikomulir takmir-takmir masjid yang terpenting saat pembagian jangan sampai menimbulkan kerumunan.

Sementara itu, Bupati Klaten Hj Sri Mulyani menyampaikan rasa terima kasihnya atas kerjasama semua pihak dalam penanganan virus covid-19 di Kab. Klaten selama ini. Bupati juga berpesan agar masyarakat menyikapi virus covid-19 secara bijak, tidak panik dan selalu mengikuti instruksi pemerintah.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada Polres Klaten, Kodim, Dodiklatpur, relawan dan semuanya saja atas kerjasamanya, atas kerja kerasnya. Yang selalu aktif membantu kab. Klaten dalam pencegahan covid-19. Semoga niat baik kita membuahkan hasil positif.”Widi suarapamong.com

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply